8 cara merawat Harddisk internal dan eksternal

Harddisk adalah tempat penyimpanan data. Jika Anda menggunakan dan merawatnya dengan cara yang tidak benar, maka tingkat resiko terjadinya kerusakan Harddisk sangatlah tinggi. Lalu bagaimana cara merawat harddisk yang baik dan benar?

Berikut ini merupakan 8 cara merawat Harddisk internal dan eksternal yang baik dan benar, baik itu Harddisk internal maupun eksternal:

1. Pilih Merk Harddisk Sesuai Fungsi Kerja

Memilih Harddisk yang sesuai dengan fungsi kerja merupakan cara memperpanjang umur harddisk. Jika Anda menggunakan harddisk untuk pekerjaan yang cukup berat atau yang berhubungan dengan IT saya sarankan untuk menggunakan harddisk Merk Western Digital (WD). Untuk Harddisk CCTV gunakan 
harddisk Western Digital (WD) Purple (warna ungu) atau Seagate Surveillance. Untuk Harddisk server NAS gunakan harddisk Western Digital (WD) Red (warna merah)
Untuk Harddisk server Storage gunakan harddisk Western Digital (WD) Black (warna hitam) atau IBM
Untuk Harddisk pekerjaan kantor / sekolah gunakan harddisk Western Digital (WD) Blue / Green (warna biru/hijau), bisa juga menggunakan harddisk merk Toshiba, HGST dan Seagate..

2. Pilih Harddisk Sesuai Kebutuhan

Memilih Harddisk yang sesuai dengan kebutuhan merupakan cara ampuh untuk mengatasi kerusakan yang terjadi. Jika Anda menggunakan Hard Disk untuk pekerjaan yang cukup berat atau yang berhubungan dengan IT saya sarankan untuk menggunakan HDD diatas kapasitas 500GB dengan kecepatan 7200 RPM. Namun jika sebaliknya Anda hanya menggunakan Harddisk untuk kegiatan normal seperti browsing, hiburan, dan kegiatan ringan lainnya cukup menggunakan HDD dibawah 500GB dengan kecepatan 5400 RPM atau lebih.

3. Jangan Terlalu Sering Menginstall Ulang

Disarankan 1 atau 2 tahun sekali install ulang. Untuk mengkondisikan performa kembali normal. Jangan bermain-main dengan install ulang. Proses install ulang sangat berhubungan dengan keawetan Harddisk karena Harddisk bekerja dengan sangat kerasa ketika proses install ulang berlangsung. Jadi janganlah terlalu sering melakukan install ulang jika memang tidak diperlukan.

4. Gunakan UPS + Stabilizer

Komputer yang terlalu sering mati mendadak karena putusnya listrik atau turunnya tegangan hanya akan memperpendek umur Harddisk. Jika Harddisk yang sedang melakukan proses menulis dan membaca data dipaksa untuk berhenti karena mati mendadak, maka piringan dalam Harddisk bisa menjadi rusak. Tidak hanya itu, data-data Anda yang ada didalamnya juga bakal ikut terancam. Maka gunakan UPS yang sudah ada fitur stabilizernya

5. Gunakan Laptop di Meja

Selalu biasakan menggunakan laptop di meja atau obyek lain yang datar dan keras. Hal ini penting untuk menjaga kestabilan posisi laptop. Menggunakan laptop di atas pangkuan berpotensi memperpendek umur Harddisk karena piringan yang berputar didalamnya menjadi tidak stabil akibat goncangan atau goyangan secara terus menerus.

6. Gunakan Antivirus Update

Antivirus mampu membuat Harddisk Anda lebih sehat karena tidak sedikit virus yang memicu berbagai masalah di Harddisk. Antivirus juga bisa melindungi Anda dari berbagai masalah yang hanya bisa diselesaikan dengan melakukan install ulang. Untuk itu pastikan Anda menggunakan antivirus yang up to date dan memiliki license resmi baik itu license gratis ataupun berbayar.

7. Defragmentasi Harddisk Berkala

Seiring dengan penggunaan, data-data di Harddisk akan mengalami fragmentasi dan membuat performa Harddisk menurun. Untuk menghilangkan fragmen tersebut maka Anda perlu melakukan defrag ketika dibutuhkan. Anda bisa melakukannya ketika fragmentasi sudah mencapai diatas 10%. Namun usahakan jangan terlalu sering melakukan defrag karena hal ini juga bisa mengurangi umur Harddisk jika dilakukan secara berlebihan.

8. Hapus Data yang Tidak Perlu

Sebaiknya Anda secara rutin menghapus data yang tidak perlu dan menguninstall aplikasi yang sudah tidak digunakan. Hal ini penting untuk mengurangi penggunaan space di Harddisk sehingga Harddisk tidak bekerja terlalu keras.

Itulah 8 cara merawat Harddisk internal dan eksternal. Langkah-langkah diatas penting dilakukan jika Anda tidak ingin kehilangan data penting atau mengeluarkan biaya besar untuk mengganti Harddisk yang rusak


8 cara merawat Harddisk internal maupun eksternal
8 cara merawat Harddisk internal maupun eksternal
Bila Anda mengalami masalah dengan Harddisk Rusak, Jangan ragu untuk menghubungi kami




Baca Juga :

JASA SERVICE HARDDISK EXTERNAL SERVICE FLASHDISK SERVICE MEMORY CARD SURABAYA
Melayani perorangan, Perusahaan/Instansi Swasta/Negeri dari kota/propinsi Jakarta, Depok, Cibinong, Garut, Ciamis, Indramayu, Karawang, Sukabumi, Sumedang, Subang, Depok, Tasikmalaya, Tangerang, Serang, Cilegon, Banten , Jawa Barat, Lebak, Pandeglang, Ciamis, Cianjur, Cirebon, Garut, , Indramayu, Karawang, Kuningan, Majalengka, Pangandaran, Purwakarta, Subang, Sukabumi, Suka, Sumedang, Tasikmalaya, Bandung, Banjar, Bekasi, Bogor, Cimahi, Jawa Tengah, Banjarnegara, Banyumas, Batang, Blora, Boyolali, Brebes, Demak, Jepara, Karang, Kebumen, Solo, Surakarta, Tarakan, Kudus, Pati, Jogja, Yogyakarta, Sleman, Cilacap, Pemalang, Purbalingga, Purworejo, Rembang, Sragen, Sukoharjo, Temanggung, Wonogiri, Pekalongan, Salatiga, Tegal, Cirebon, Semarang, Wonosobo, Magelang, Sleman, Klaten, Bantul, Surakarta, Surabaya, Gresik, Waru, Sidoarjo, Mojokerto, Gresik, Pasuruan, Malang, Trenggalek, Krasaan,Kediri, Lamongan, Lumajang, Madiun, Magetan,  Jember, Jombang, Banyuwangi, Bojonegoro, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Pandaan, Tuban, Tulungagung, Batu, Blitar, Kediri, Pasuruan, Ponorogo, Probolinggo, Purwodadi, Bondowoso, Sampang, Sumenep, Bangkalan, Jawa, Jawa Timur, Bali, Sabang, Aceh, Lhokseumawe, Asahan, Nias, Medan, Padang, Samosir, Tapanuli, Toba, Binjai, Gunung, Tanjung, Tebing, Kepulauan, Pasaman, Pesisir, Solok, Tanah, Pariaman, Indragiri, Siak, Dumai, Pasir, Bungo, Kerinci, Lebong, Banyuasin, Banyu, Empat, Musi, Ogan, Pagar, Prabu, Bangka, Belitung, Pinang, Sibolga, Pekanbaru, Batam, Jambi, Bengkulu, Palembang, Lampung, Tulang, Pring, Metro, Bandar, Sumatra, Sumatera, Kalimantan , Kalimantan Barat, Bengkayang, Ketapang, Kubu, Landak, Melawi, Sambas, Sangau, Sekadau, Sintang, Singkawang, Kalimantan Selatan, Balangan, Hulu, Kotabaru, Kual, Samarinda, Kalimantan Tengah, Kendari, Banjarmasin, Pontianak, Kapuas, Barito, Lamandau, Palangkaraya, Kalimantan Timur, Berau, Balikpapan, Bontang, Kutai, Bontang, Mahakam, Kalimantan Utara, Bulungan, Malinau, Nunukan, Tana, Tarakan, Sulawesi, Sulawesi Selatan, Manado, Gorontalo, Bantaeng, Bone, Gowa, Luwu, Maros, Toraja, Parepare, Palopo, Pinrang, Bau bau, Kendari, Sulawesi Tengah, Bonggai, Donggala, Poso, Toli-toli, Sigi, Palu, Sulawesi Utara, Bolaang, Kepulauan, Minahasa, Bitung, Tomohon, Sulawesi Barat, Majene, Mamasa, Mamuju, Polewali, Makassar, Denpasar, Bali, Bima, Lombok, Mataram, Sumbawa, Kupang, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Ende, Flores, Manggarai, Sumba, Ngada, Nagekeo, Timor, Malaka, Ambon, Seram, Halmahera, Maluku,Buru, Tidore, Merauke, Asmat, Manokwari, Nabire, Puncak, Yahukimo, Fak-fak, Sorong, Papua, Jayapura, Indonesia, Malaysia, Singapura, Timor Leste, Australia.

 

BACA JUGA :
Tags :

Popular Posts