Inilah 5 Ciri-Ciri Cartridge Printer Rusak, Kamu harus tahu

Inilah 5 Ciri-Ciri Cartridge Printer Rusak, Kamu harus tahu

Ciri-ciri Cartridge Printer Rusak Secara Tepat



Mengetahui ciri-ciri cartridge printer rusak memang merupakan hal yang penting, terutama ketika Kamu memang sering menggunakan mesin tersebut. Jika sampai telat mengetahui, maka kondisi akan semakin buruk dan mungkin saja printer sudah tidak bisa diservis.


Oleh karena itu, pada kali ini akan dijelaskan beberapa ciri-ciri ketika cartridge printer sudah mulai rusak. Dengan demikian, Kamu bisa segera bertindak baik itu memperbaiki secara mandiri maupun membawa ke spesialis servis printer.


Mengingat cartridge adalah komponen penting dari sebuah printer, tentu saja pengetahuan akan hal ini memang harus dimiliki. Jadi, pastikan Kamu menyimak seluruh bahasan kali ini dengan baik.


Penyebab Cartridge Printer Rusak


1. Kerap kehabisan tinta


Sebagai informasi, untuk tinta pada printer harus selalu ada sehingga Kamu perlu mengecek secara rutin, apalagi jika penggunaannya cukup sering. Ketika tinta kosong, print head akan memanas dan berpotensi terjadi korsleting. 


Biasanya ini terjadi ketika pengguna lebih sering mencetak dengan warna hitam hingga tidak menyadari tinta warna sudah habis. Oleh karena itu, ketika printer dihidupkan, akan terjadi pembersihan pada kedua print head. 


Untuk mengatasi masalah tersebut, Kamu perlu mengecek kondisi tinta secara berkala. Apabila tinta sudah kelihatan hampir habis, maka segeralah untuk mengisinya kembali.

Baca Juga : Perbedaan Printer Inkjet dan Laserjet 


2. Tidak dirawat dengan baik


Bukan hanya printer saja, seluruh peralatan elektronik akan lebih mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik. Setidaknya lakukan perawatan secara rutin seperti membersihkan komponen minimal satu bulan sekali agar tidak ada debu-debu yang menempel.


Selain itu, jangan gunakan printer pada tegangan yang tinggi karena menyebabkan komponen cepat rusak. Apabila ingin mencetak dalam jumlah besar, akan lebih baik jika Kamu menggunakan jasa percetakan online agar printer tidak terlalu terbebani.


3. Lama tidak dipakai


Beberapa ciri-ciri cartridge printer rusak bisa muncul ketika sudah lama tidak dipakai. Jadi, mungkin ini adalah salah satu alasan kenapa cartridge mengalami kerusakan.


Ketika jarang digunakan, cartridge akan mengeras dan membuat tinta tidak lancar ketika digunakan. Jika hal tersebut terjadi, tentu saja komponen lain juga akan terpengaruh.


Untuk mengatasi masalah ini sebenarnya cukup mudah. Kamu hanya perlu menyalakan printer secara teratur meskipun hanya untuk mencetak satu atau dua lembar saja.


Cara ini akan membuat tinta selalu cair dan cartridge menjadi lebih awet. Akan tetapi, apabila sudah telanjur kering, langkah terbaik yang harus dilakukan adalah membawa ke tempat servis. 




4. Melebihi kapasitas


Setiap jenis printer memiliki kapasitas masing-masing untuk mencetak berapa lembar dalam satu kali penggunaan. Apabila digunakan melebihi batas, maka kemungkinan besar akan terjadi kerusakan terutama di bagian cartridge.


Apabila memang harus mencetak jumlah banyak dalam satu waktu, jauh lebih baik jika Kamu menggunakan jasa cetak sekitar karena memiliki mesin yang lebih canggih. Andai pun terpaksa harus menggunakan printer sendiri, maka berikan waktu istirahat sekitar 30 menit setelah mencetak 20 lembar.


5 Ciri-Ciri Cartridge Printer Rusak



Ciri-ciri Cartridge Printer Rusak Secara Tepat

Untuk mengetahui ciri-ciri cartridge printer rusak, Kamu bisa melihat beberapa ciri berikut ini.


1. Hasil cetak terdapat garis


Mungkin hal ini kerap sekali ditemui, yakni muncul garis pada hasil cetakan. Kasus ini biasanya terjadi karena terdapat masalah pada tinta yang tidak mengalir sempurna atau cartridge yang rusak.


2. Tidak terdeteksi


Selanjutnya, tanda-tanda ketika cartridge rusak adalah tidak terdeteksi dan membutuhkan cartridge baru. Namun, beberapa kasus lain tetap terjadi meskipun cartridge masih baru dan belum pernah refill.


Jika hal tersebut terjadi, ada kemungkinan tidak terjadi kerusakan pada cartridge. Kamu hanya perlu melakukan reset secara manual saja. 


Apabila memang cartridge tidak terdeteksi karena sudah terlalu lama, maka satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah menggantinya dengan yang baru. Jangan lupa untuk memilih cartridge yang sesuai dengan printer agar berfungsi dengan baik.

Baca Juga : Jenis-Jenis Printer Dan Fungsinya


3. Cetakan warna tidak sempurna


Ciri ini akan terlihat jelas ketika Kamu sering mencetak dokumen warna. Salah satu tanda ketika cartridge rusak adalah warna yang tidak sempurna, baik itu terlalu gelap atau malah terlalu jauh berbeda dengan warna aslinya.


4. Cek menggunakan nozzle check


Nozzle check merupakan sebuah sistem yang bisa Kamu manfaatkan untuk mengetahui kualitas cetak dari printer. Setiap jenis atau merek biasanya sudah dibekali fitur tersebut sehingga akan membantu dalam mengecek kondisi cartridge. 


5. Print warna tidak normal


Pada beberapa tipe printer, cartridge biasanya ada dua buah, yakni untuk tinta hitam dan warna. Ketika mencetak dokumen selain hitam hasilnya tidak normal, maka kemungkinan besar terjadi masalah pada cartridge warna. 


Cartridge warna memang lebih jarang digunakan dibandingkan yang hitam sehingga menyebabkan tinta warna mengering. Untuk mencegah hal tersebut, Kamu bisa menggunakan printer untuk mencetak warna secara rutin minimal satu atau dua lembar per bulan.


Jadi, itulah tadi beberapa penyebab dan ciri-ciri cartridge printer rusak. Setelah mengetahui ciri-ciri tersebut, segera bawa ke tempat servis untuk mendapatkan penanganan secara tepat.


Tags :

Popular Posts