Jenis-Jenis Printer Dan Fungsinya

Jenis-Jenis Printer Dan Fungsinya

Secara umum, printer merupakan alat untuk mencetak foto atau dokumen. Namun, seiring berkembangnya teknologi printer, kini telah ada jenis-jenis printer dan fungsinya yang mungkin belum Kamu ketahui.


Perkembangan teknologi pada printer tersebut tentu terjadi agar dapat memudahkan pekerjaan manusia. Dengan adanya jenis-jenis tersebut, printer dapat dipilih sesuai keperluan dan kebutuhan dari penggunanya.


Lantas, apakah Kamu sudah tahu apa saja jenis printer dan juga fungsinya? Apabila belum mengetahuinya, maka Kamu dapat menyimak pembahasan selengkapnya pada ulasan berikut ini.





Jenis-Jenis Printer dan Fungsinya


Printer yang digunakan saat ini jenis dan fungsinya sangatlah beragam. Nah, untuk dapat mengetahui apa saja jenis-jenis printer dan fungsinya, Kamu dapat langsung saja melihatnya pada informasi di bawah ini.


1. Printer LaserJet


Jenis printer pertama yang perlu Anda ketahui adalah printer laserjet. Sesuai dari namanya, printer jenis laserjet ini menggunakan teknologi laser pada saat melakukan proses pencetakan dokumen atau foto.


Lebih tepatnya, cara kerja dari printer ini adalah menyinarkan laser pada alat sehingga dapat membentuk pola sesuai yang akan dicetak. Kelebihan dari jenis printer ini adalah waktu pencetakan cepat dan punya kualitas tinggi.


2. Printer LCD/LED


Selanjutnya, ada juga jenis printer lainnya yang bernama printer LCD / LED. Secara umum, pada printer LCD/LED ini terdapat banyak sekali kesamaan dengan printer yang memakai teknologi laser dalam mencetak dokumen atau gambar.


Akan tetapi, dalam proses kerjanya printer ini bukan menggunakan laser untuk mencetak, melainkan light emitting diode. Printer LCD/LED ini mempunyai hasil cetakan yang berkualitas baik itu dokumen, teks, maupun gambar.




3. Printer Dot Matrix


Jenis printer berikutnya adalah printer dot matrix. Pada jenis printer dot matrix ini proses untuk mencetak karakter ataupun hurufnya menggunakan set pin dan pita yang tersusun secara rapat.


Sedangkan untuk fungsi dan cara kerjanya secara keseluruhan mempunyai kemiripan dengan mesin tik. Untuk kecepatan cetak dari printer do matrix ini kurang lebih sekitar 50 sampai dengan 500 karakter per detik.


4. Printer Thermal


Jenis printer selanjutnya yang perlu Kamu ketahui adalah printer thermal. Printer jenis ini umumnya digunakan pada kasir yang ada di pusat perbelanjaan ataupun pada mesin fax.


Cara kerja dari printer thermal ini adalah dengan mengambil kertas gulungan untuk kemudian dapat di rubah menjadi gelap saat dipanaskan. Untuk mekanisme pencetakan bisa dilakukan dengan menarik kertas yang bersebelahan dengan kepala cetak.


Pada kepala cetak tersebut isinya adalah pemanas elektronik dengan teknologi canggih. Alat pemanas elektronik tersebut nantinya dapat mencetak grafik dan juga teks sederhana pada kertas.


Pada penggunaan jenis printer thermal ini tidak diperlukan adanya toner, tinta, ataupun hal lainnya. Dengan kondisi tersebut, printer tersebut mempunyai cara penggunaan dan pemeliharaan yang mudah.


5. Printer Inkjet


Jenis printer yang selanjutnya adalah printer inkjet. Jenis tersebut merupakan printer yang paling banyak ditemui dan digunakan seperti di percetakan, di rumah, ataupun di kantor.


Cara kerja dari printer ini adalah dengan menyemprotkan tinta ke bagian atas kertas untuk kemudian membentuk tulisan atau gambar. Tinta pada printer ini akan disimpan pada bagian cartridge tinta.


Kelebihan dari printer inkjet ini adalah dapat digunakan dengan baik untuk keperluan multimedia. Hal itu karena hasil cetakan dari printer ini mempunyai kualitas grafis yang baik.


6. Printer Bubble Jet


Pada printer jenis bubble jet, cetakan yang dihasilkan mirip dengan hasil cetakan film. Akan tetapi, untuk hasil cetakan dari printer ini terbilang masih kecil karena printer tersebut belum memiliki kemampuan untuk mencetak di ukuran kertas besar.


Dalam penggunaan printer ini biasanya dipakai langsung ke kamera tanpa membutuhkan perantara perangkat PC atau laptop. Pada printer ini, umumnya disertai dengan card reader dan juga konektor USB.


Menariknya, sekarang bahkan sudah terdapat printer photo portabel yang dapat digunakan untuk slide show. Kelebihan dari printer ini adalah respons suaranya lembut dan hasil cetakannya terbilang cukup stabil saat digunakan.


7. Printer Label


Terakhir, ada juga jenis printer lainnya bernama printer label. Sesuai dengan nama yang dimilikinya, printer ini mempunyai fungsi untuk mencetak label dalam jumlah besar dengan cara yang mudah dan cepat.


Bahkan, pada beberapa tipe printer label yang ada, disematkan juga berbagai macam fungsi di dalamnya. Fungsi tersebut antara lain adalah untuk mencetak barcode dan juga label dengan berbagai macam bentuk.


Kurang lebih itulah jenis printer yang banyak digunakan saat ini. Selain jenis yang disebutkan di atas, tentunya masih ada banyak lagi jenis printer yang mempunyai fungsi dan kelebihannya masing-masing.


Itulah tadi pembahasan mengenai jenis-jenis printer dan fungsinya. Dengan informasi yang diberikan di atas diharapkan Kamu dapat mengenal berbagai macam jenis printer beserta fungsinya dengan baik.


Tags :

Popular Posts