Printer Dot Matrix: Definisi, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan

Teknologi yang semakin berkembang membuat hampir semua produk elektronik mempunyai tipe dan varian terbaru setiap tahun. Hal ini pun juga terjadi pada jenis printer yang tersedia di pasaran dan bagi yang mempunyai usaha komputer dan printer atau dalam bidang percetakan wajib mengetahui perbedaaan dan fungsinya. 


Seperti yang kita ketahui bahwa Printer Dot Matrix hingga saat ini masih banyak digunakan di kantor, toko, dan pergudangan. 


Kemudian printer jenis ini dapat digunakan dalam mencetak data rangkap, seperti misalnya

kwitansi, invoice, surat jalan, faktur penjualan, dan lainnya. Tidak hanya itu,  Printer Dot Matrix juga berguna untuk mencetak bukti transaksi, seperti misalnya bon, tanda terima uang dan barang, surat pesanan barang, dan masih banyak lagi yang lain. 




Pengertian Printer Dot Matrix

Printer dot matrix merupakan jenis printer yang menggunakan pita tinta dan memiliki sejumlah pin kecil yang membentuk karakter pada kertas dengan menekan pita tinta. Kendati sudah ketinggalan zaman, printer ini masih digunakan dalam beberapa aplikasi khusus karena kemampuannya mencetak pada kertas bergelombang atau formulir karbon.


Fungsi Printer Dot Matrix


Printer Dot Matrix ini kerap digunakan dalam berbagai perusahaan besar karena mempunyai fungsi dalam mencetak dokumen penting yang harus dicetak rangkap. Ini tentu bisa memudahkan perusahaan dalam mendapat hasil cetakan secara efektif dan efisien sehingga pekerjaan kantor yang perlu dicetak bisa diselesaikan tepat waktu. 


Keunggulan Printer Dot Matrix 


Adapun beberapa keunggulan printer dot matrix :


1. Biaya pita printer lebih terjangkau dan bisa menekan biaya pengeluaran sebuah perusahaan dalam pengadaan printer ketimbang memakai tinta. 

2. Jenis printer ini biasanya memakai pita khusus yang disebut ribbon, jadi tidak perlu membutuhkan tinta.

3. Bisa mencetak dalam bentuk rangkap secara bersamaan sehingga bisa menghemat waktu dan prosesnya pun lebih cepat.

4. Dapat mencetak kertas dalam ukuran besar.
5. Untuk biaya perbaikan lebih relatif murah sebab jarang mengalami eror dan juga tidak mempunyai tinta di luar sehingga tetap aman 


kendati tidak digunakan dalam waktu yang lama dan pita pun tidak mengering. Kendati demikian, kebersihan printer jenis ini pun harus dijaga supaya tidak mudah rusak. 


Kelemahan Printer Dot Matrix


Beberapa kelemahan printer Dot Matrix antara lain: 


1. Lebih menimbulkan suara cukup berisik saat sedang mencetak dan meskipun mungkin sedikit mengganggu bagi mereka yang sedang  sedang konsentrasi dengan hal lain.


2. Jenis printer ini masih mempunyai resolusi cetak yang cukup rendah. Meskipun mempunyai daya tahan yang baik dan terkesan awet tahan lama, namun kualitas tulisan yang  dihasilkan masih rendah.


3. Tidak begitu cocok digunakan guna  mencetak full gambar, sebab gambar akan terlihat berupa titik-titik dan tinta tidak halus merata seperti mencetak gambar dengan printer Inkjet.




3 Jenis Printer Dot Matrix


1. Epson Printer LX-310


Epson  LX-310 merupakan salah satu printer dot matrix terbaik di tahun 2023 ini yang mana printer ini menggantikan model LX-300 dan mempunyai kecepatan yang lebih. 


Kemudian printer ini mempunyai memori buffer data input 128 KB atau dua kali lipat dengan kecepatan cetaknya mencapai 357 karakter per detik pada 12 CPI.


Epson LX-310 mempunyai keandalan 67% lebih tinggi dari pendahulunya dan MTBF (Mean Time Before Failure) mencapai 10,000 POH (Power on Hours) jika dibandingkan 6000 POH pada model sebelumnya. 


Untuk tingkat efisiensinya lebih baik sebab bisa  mencetak formulir hingga 5 bagian atau 1 asli dan 4 salinan dengan opsi konektivitas USB bisa dihubungkan ke berbagai jenis perangkat PC.


2. Epson Printer LQ-310


Jenis Epson LQ-310 adalah printer dot matrix model 24 pin ini menggantikan model LQ-300. Untuk memory Buffer 128 KB yang dua kali lipat dari sebelumnya dan membuat printer yang bisa mencetak sampai  416 karakter per detik (CPS) pada 12 CPI. Tingkat kecepatannya hampir 40% lebih tinggi ketimbang model pendahulunya.



Kemudian Epson LQ-310 mempunyai keandalan 67% lebih tinggi dan waktu rata-rata sebelum kegagalan atau MTBF mencapai 10.000 POH. 


Hal ini berbeda jauh dari jenis printer sebelumnya yang hanya 6000 POH dan efisiensi cetaknya lebih optimal dengan kemampuan membuat cetak formulir hingga 4 bagian atau1 asli dan 3 salinan. Untuk konektivitas memakai USB yang bisa dihubungkan ke dalam berbagai jenis perangkat PC.


3. Tally Dascom Printer Dot Matrix 1140


Jenis Tally Dascom 1140 merupakan printer dot matrix seri 9 pin, 80 kolom yang mana dilengkapi dengan port USB standar.  Hal ini tentu sangat mudah jika dihubungkan ke perangkat PC milik kalian. 


Kemudian untuk ukurannya pun sangat ringkas dan cocok dipakai dalam lingkungan industri  serta ruang terbatas. Apalagi biaya operasionalnya sangat rendah, tetapi hasil tinggi dan mudah digunakan. Selain itu, printer ini cocok dipakai dalam cetak laporan, catatan, dan label pengiriman.


Tally Dascom 1140 mempunyai pita tahan lama dan lebih murah untuk operasionalnya. Semisal dalam pencetakan draff, biaya yang dikeluarkan sangat terjangkau sehingga bisa jadi pilihan pengganti untuk printer inkjet kelas bawah. 


Keunggulan lain printer ini pun bisa mencetak 5 bagian atau 1 asli dan 4 salinan dan juga tersedia fitur Auto Switching: USB, Parallel, dan Serial Interface.


Tags :

Popular Posts