Jangan Sampai Salah! Ini 10 Cara Mengisi Tinta Printer Canon

Ini 10 Cara Mengisi Tinta Printer Canon

Mungkin saat telah selesai mengetik tugas di komputer dan lalu ingin mencetak hasil pekerjaan dalam kertas, tiba-tiba saja menemukan kondisi kalau tinta printernya habis. 


Apakah Anda tahu bagaimana cara mengisi tinta printer dengan jenis seperti Canon yang benar? Sejatinya, mengisi tinta printer seperti merek Canon misalnya bisa dilakukan oleh siapa saja alias semua orang. 


Namun harus mengetahui cara mengisi tinta printer Canon yang benar dengan langkah-langkah berikut ini alias tidak boleh sembarangan agar tidak mengalami kerusakan.


Apalagi mesin printer adalah salah satu bagian yang penting dan perlu dijaga agar tidak rusak mesinnya. 


Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa cara mudah mengisi tinta printer Canon, tetapi jangan lupa melakukan persiapan terlebih dahulu dan memastikan bahwa tinta printer memang telah habis. 



10 Cara Mengisi Tinta Printer Canon 


1.Coba Pastikan Pencetak Menyala


Sebelum mengisi tinta printer sebaiknya dalam  kondisi on, namun tidak dipakai untuk mencetak. 


Hal ini harus dilakukan agar bisa mengetahui secara langsung jika terjadi kesalahan dalam mengisi tinta Canon tersebut. 


2. Buka Bagian Penutup Atas Printer


Kemudian, pastikan dahulu tidak meletakan barang apapun di atas bagian penutup printer. 


Pasalnya, jika tutup atas dibuka pastinya benda yang ada di atasnya akan jatuh. Hal ini tentu dapat menyebabkan pencetak menjadi gagal fungsi. 


Oleh karena itu, jika penutup atas dibuka, jangan menyentuh tabung ataupun bagian lain dalam mesin pencetak agar tidak mengalami kerusakan. 

Baca Juga : Printer Dot Matrix: Definisi, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan



3. Buka Penutup Kotak Tinta



Dalam kotak tinta mesin printer Canon ini ada dua jenis yakni di bagian kiri merupakan kotak tinta hitam, sedangkan sebelah kanan adalah untuk tinta warna lain. 


Jika memilih salah satu kotak yang ingin dibuka, hal ini dapat disesuaikan dengan warna tinta yang sudah habis. 


4. Lepas Penutup Kotak Tinta


Langkah selanjutnya adalah pegang dan lepaskan penutup kotak dari kotak tinta yang ingin diisi ulang dan penutup kotak ini bisa ditaruh pada penahan penutup kotak.


Harus dengan hati-hati dan dilakukan secara perlahan saat ingin melepaskan tutup kotak, karena bisa saja tinta dalam penutup kotak tersembur hingga keluar. 


5. Mengambil Tinta Baru


Jika bagian penutup kotak sudah terlepas, lalu tinggal mengisitinta Canon. Caranya adalah dengan mengambil tinta Canon cadangan yang baru dan masih dalam kemasan, lalu buka dan tinggal mengambil botol tintanya. 

Baca Juga : 8 Jenis Tinta Printer dan Kelebihan


6. Lepaskan Penutup Botol Tinta Baru


Untuk mengisi tinta Canon ini harus dilakukan secara teliti dan hati-hati, yang pertama adalah memegang botol tinta dengan posisi tegak lurus.


Kemudian, coba putar tutup botol untuk melepasnya dan hindari pemberian tekanan di bagian samping botol tinta agar tidak bocor. 


Namun pastikan untuk tidak perlu mengocok botol tinta yang belum dipakai karena bisa membuatnya keluar. Pasalnya, apabila botol tinta rusak atau penyok tidak memengaruhi isinya dan masih tetap bisa digunakan. 


7.  Mengisi Ulang Kotak Tinta


Jika sudah membuka tutup botol tinta yang baru langkah selanjutnya adalah tinggal mengisinya. 


Coba pastikan bagian semprot tinta dan pemandu botol pada pencetak ditaruh secara tepat dengan cara memasukkan mulut semprot tersebut ke dalam inlet. 


Jika sudah, tinggal menegakan botol tinta terbalik dan lalu menekan bagian samping botol untuk mengisi ulang.


Yang perlu diketahui adalah proses penekanan tidak boleh dilakukan terlalu keras, karena bisa membuat tinta tersembur keluar. 


Kemudian, harus memastikan warna pada kotak tinta ini sesuai dengan isi ulangnya dan jangan sampai isi tinta melebihi garis batas atas kotak tinta. Selain itu, jika tinta tumpah, maka dapat menyebabkan masalah hingga rusaknya mesin printer. 


8. Tutup Inlet



Jika telah yakin kalau tinta sudah terisi dengan baik, maka bisa mulai untuk menutup bagian inlet dan pastikan inlet dimasukan secara penuh. 


Kemudian, harus berhati-hati saat ingin memasukkan inlet kotak tinta agar tidak  memutar bagian karet penutupnya.


9. Tutup Penutup Kotak Tinta


Apabila inlet sudah dipasang dengan sempurna, tinggal menutup kotak tinta, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan. 


Pasalnya jika merasa tidak menutup kotak tinta dengan tepat cobalah untuk memeriksa salah satu bagian penutupnya. 


Mungkin jika ada penutup kotak tinta yang tertinggal di bagian penahan dan hal ini biasanya bisa menjadi penyebab kotak tinta susah ditutup.  

Baca Juga : Perbedaan Printer Inkjet dan Laserjet 


10. Tutup Printer


Cara mengisi tinta printer Canon selanjutnya adalah jangan lupa untuk menutup bagian atas mesin printer dengan mengangkat pada bagian penutup atas sebanyak satu kali. 

Kemudian coba tutup secara pelan-pelan dan pastikan telah menutupnya dengan sempurna. 


Oleh karena itu, sekarang tidak perlu lagi jika mengisi tinta mesin pencetak dan tinggal mengikutu cara mengisi tinta Canon seperti di atas. 


Tags :

Popular Posts